Selasa, 11 Desember 2007

Gunakan Strategi Memukul Rumput dan Menakuti Ular


Untuk memulai sebuah bisnis baru dan bila Anda masih bingung bisnis apa yang pas dengan kebutuhan pasar dan kemampuan , maka sepatutnya Anda perlu mencoba strategi yang selalu saya gunakan yaitu : "strategi Memukul Rumput dan Menakuti Ular"

Setiap mendapat ide gagasan bisnis baru, yang pertama Anda lakukan adalah memahami kebutuhan, ekspektasi, perilaku konsumen dan seberapa besar peluang di pasar paling tidak untuk memperkecil risiko kegagalan. Hal ini perlu lakukan karena Anda tidak tahu pasti kebutuhan dan kekuatan pasar (ibaratkan Anda menerabas padang rumput yang lebat dan tinggi). Disini Anda perlu mencoba membuat tester, melakukan studi kelayakan usaha, survey lokasi, analisa dan riset pasar. Nah langkah-langkah ini yang disebut dengan strategi "Memukul Rumput". Setelah Anda mengetahui kondisi pasar atau konsumen (gerakan ular) barulah Anda mengambil tindakan (Take Action) atau keputusan strategi apa yang harus Anda lakukan untuk menguasai pasar dan konsumen.

Strategi tersebut saya rasakan efektif dan bisa meminimalkan risiko karena paling tidak saya telah mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi.

Beberapa hal lain yang harus diperhatikan agar produk tidak gagal saat pertama kali diluncurkan ialah dengan :

1. Menetapkan segmentasi, targeting, dan positioning yang tepat
2. Menawarkan produk yang bisa memberikan manfaat, nilai lebih atau ada keseimbangan antara janji dan kenyataan. Tentukan harga yang masuk akal sesuaikan dengan daya beli masyarakat sekitar, distribusi yang merata sehingga mudah dijangkau, dan promosi yang bisa menciptakan awareness dan loyalitas.
3. Harus pintar, cerdik dan tajam melihat tren pasar dan momentum yang tepat. Ingat naluri bisnis sangat penting dalam hal ini.



Tidak ada komentar: