Rabu, 19 Desember 2007

Jangan Tinggalkan Promosi


Besar atau kecil usaha Anda jangan tinggalkan Promosi!!!. Untuk mendongkrak penjualan, lakukanlah promosi. Promosi adalah suatu cara untuk mengenalkan usaha kita kepada khalayak ramai. Apapun usaha Anda promosi itu wajib hukumnya. Selain untuk mengenalkan usaha, promosi juga dilakukan agar orang tidak lupa dengan usaha Anda, dan menarik konsumen untuk membeli. Ingat berbisnis tanpa beriklan sama dengan mengedipkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan.

Mengingat begitu pentingnya promosi maka biaya promosi perlu Anda masukkan dalam biaya rutin usaha Anda meski besaran jumlahnya tiap bulan bisa fleksibel.

Ada beberapa cara untuk melakukan promosi :


  1. Memasang iklan baris di koran umum, tabloid, atau koran khusus iklan. Saat ini banyak koran yang menawarkan beriklan dengan sistem paket sehingga jauh lebih murah. Pilihlah koran dengan mempertimbangkan luas jangkauannya dan apakah itu sesuai dengan pasar yang Anda tuju.

  2. Memasang iklan di internet. Biaya iklan di internet termasuk murah, malah ada yang gratis, misal http://www.iklanbaris.com/. Cuma perlu diingat bahwa pemakaian internet ini belum meluas sehingga pemakaiannya benar-benar harus disesuaikan dengan segmen pasar usaha Anda. Jika tepat sasaran hasilnya sungguh luar biasa.

  3. Membuat pamflet, brosur, atau spanduk. Meski tergolong promosi klasik, spanduk masih efektif untuk mengenalkan usaha Anda. Begitu juga dengan brosur dan pamflet. Anda bisa lebih detail menjelaskan usaha Anda. Ada cara penyebaran pamflet yang efektif, misalnya menaruh di Apotek, menyebarkan di jalan, mall, perkantoran, sekolah, atau menitipkan pada loper koran di perumahan yang menjadi target usaha Anda, dengan imbalan tertentu. Cara ini cukup efektif apalagi bila usaha Anda berhubungan dengan rumah tangga, seperti jasa katering, laundry, penitipan anak sekolah, penjualan barang elektronik, juga jasa servis elektronik.

  4. Membuat kartu nama. Desainlah kartu nama Anda semenarik mungkin sehingga orang selalu teringat pada bidang usaha Anda. Pilihlah nama usaha Anda yang mudah diingat dan unik. Bawalah selalu kartu nama di dompet sehingga begitu bertemu dengan seseorang, Anda selalu siap sedia mengenalkan diri sekaligus usaha Anda. Kartu nama juga dapat disebarluaskan sebagai pengganti pamflet. Misalnya untuk usaha katering pesta pernikahan, tempatkan kartu nama di meja yang paling strategis sehingga setiap tamu dapat mengambilnya.

  5. Mengikuti pameran. Pameran adalah salah satu promosi yang efektif dan efisien karena pengunjung yang datang ke pameran sudah terseleksi menurut minatnya sehingga Anda dapat mengenalkan produk tepat pada sasaran. Disini Anda juga dapat mengenali konsumen lebih dekat, membuka wawasan mereka tentang produk Anda, mengetahui selera konsumen dengan berinteraksi secara langsung. Pamflet, brosur atau kartu nama dapat disebarkan secara efektif. Berbeda bila menyebarkannya di jalan, akan lebih kecil kemungkinan mereka berminat. Banyak pengusaha yang merasa beruntung mengikuti pameran, sesuai ajang yang digelar, banyak order yang masuk, tidak hanya dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Mengikuti pameran terbukti juga mampu meraup keuntungan yang besar karena penjualan meningkat. Untuk desainer mode dan konveksi selain pameran juga dilakukan dengan menggelar fashion show, yang bisa diselenggarakan sendiri atau bekerjasama dengan orang lain

Selamat mencoba dan selalu berpromosi


Salam Sukses





2 komentar:

ddwijono mengatakan...

Biaya promosi biasnya berapa persen dari pendapatan, atau dari biaya operasi

Ipul Anwar mengatakan...

Setuju Cak Eko...

Tapi bagaimana dengan media iklan di TV? Apa perlu mencapai target tertentu untuk ber-iklan di media tersebut.

Salam Sukses Selalu

Ipul Anwar

Blog: http://ipulanwar.blogspot.com