Minggu, 29 April 2012

Pengusaha Sukses Asia Usia di Bawah 50 Tahun

Berambisi, bersemangat tinggi dan berusia dibawah 50 tahun adalah persamaan 10 pengusaha sukses di kawasan Asia ini. Sebagian merupakan pengusaha di industri internet sementara sisanya bergerak di dunia penerbangan, makanan, penambangan batu bara, perkakas elektrik dan perlengkapan olahraga. Lima diantara mereka berasal dari China dan lima pengusaha lainnya dari Pakistan, Malaysia, Jepang, Singapura dan Indonesia.

Daftar yang dikeluarkan oleh Forbes ini menempatkan Yusaku Maezawa, pengusaha Jepang berusia 35 tahun sebagai yang termuda. Dan sama seperti tipekal pengusaha sukses pada umumnya, Maezawa terkenal sebagai sosok yang murah hati. Saat negerinya diguncang gempa dan tsunami pada Maret lalu, ia mendonasikan US$ 3,7 juta untuk para korban bencana.

Untuk mengetahui siapa saja yang menduduki singgasana 10 besar pengusaha sukses Asia under 50, simak ulasan berikut.

#10. Zhou Hongyi, 41

Pengusaha asal Beijing ini adalah pendiri sekaligus pemimpin perusahaan bernama Qihoo 360 (dalam bahasa Indonesia Qihoo berarti “macan ajaib”). Perusahaannya yang telah berusia 6 tahun itu merupakan provider security software terbesar di China dan telah tercatat dalam bursa saham New York pada Maret lalu.

#9. Yusaku Maezawa, 35

Perusahaan Maezawa didirikan di Chiba, Jepang, dan bernama Start Today. Bisnisnya bergerak di bidang penjualan baju yang dioperasikan secara online di laman Zozotown. Start Today yang diluncurkan pada 2004 itu sukses meraup pendapatan sebesar US$ 290 juta.

#8. Vikram Chand, 47

Chand adalah CEO Vega Food, perusahaan penyedia makanan kemasan yang bermarkas di Singapura. Bersama Vega Food, Chand telah sukses memasarkan produknya ke 24 negara di benua Afrika.

#7. Tony Fernandes, 47

Fernandes adalah founder sekaligus CEO maskapai penerbangan Malaysia, AirAsia, plus pemilik Tune Group. Berkat kesuksesannya mengelola maskapai penerbangan yang identik dengan tiket berharga murah itu, Fernandes dinobatkan sebagai Asia Businessman of the Yearoleh Forbes pada 2010 lalu.

#6. Monis Rahman, 41

Pengusaha Pakistan ini adalah founder dan CEO Naseeb Network Inc. Melalui laman Rozee.pk, Rahman sukses mengembangkan situs pencarian kerja hingga menjadi yang terbesar di negerinya dengan 500.000 unique visitor per bulannya.

#5. Jack Ma, 47

Pengusaha China ini adalah founder dan CEO Alibaba Group. Perusahaan yang berlokasi di Hangzou itu memiliki jaringan e-commerce terbesar di negerinya.

#4. Garibaldi Thohir, 45

garibaldi_thohir

Pengusaha Indonesia ini adalah CEO Adaro Energi, perusahaan tambang batu bara yang mengoperasikan secara tunggal penambangan di Tabalong, Kalimantan Selatan dengan cadangan 4,4 miliar ton. Di tanah air, Adaro Energi adalah perusahaan tambang batu bara terbesar kedua setelah PT Kaltim Prima Coal. Sementara di dunia, Adaro Energi merupakan perusahaan dengan penambangan tunggal terbesar keempat.

#3. Don Gao, 45

Sebagai pendiri dan CEO Positec Group, Gao terbilang sukses mengendalikan perusahaan yang berlokasi di Suzhou, China. Bisnisnya bergerak di bidang penyediaan perkakas teknik serta elektrik untuk Black & Decker.

#2. Ding Wuhao, 45

Wuhao adalah Presiden dan Direktur Eksekutif 361 Degrees International. Perusahannya yang bermarkas di Jinjiang City, China, ini menyediakan perlengkapan olahraga dengan target market anak muda.

#1. Charles Chao, 45

Pengusaha asal China ini adalah Presiden sekaligus CEO Sina Corp. Portalnya yakni Sina Weibo, microblogging China yang serupa Twitter, merupakan situs paling populer dan memiliki lebih dari 200 juta pengguna terdaftar per Agustus 2011.

sumber : ciputraentrepreneurship

Tidak ada komentar: