Minggu, 26 Februari 2012

Inilah 10 Perusahaan Yang Mengubah Dunia

Perusahaan-perusahaan berikut ini beserta produk yang diciptakannya telah mengubah wajah peradaban manusia. Jika dulu nenek moyang kita mengarungi samudra dengan menggunakan kapal dan memakan waktu berbulan-bulan, namun sejak munculnya pesawat semua dapat berubah. Dengan Boeing kita dapat melintasi pulau, lautan bahkan benua dengan waktu yang terjangkau. Berikut ini adalah 10 perusahaan yang mengubah dunia.

10. Disney

The Walt Disney Company adalah salah satu perusahaan yang mengubah dunia karena karya-karyanya yang menghibur dunia. Pendiri Walt Disney adalah Walt Elias Disney, yang menciptakan film animasi pertama di dunia dan masih berupa film bisu atau tidak dengan pengisi suara. Disney menciptakan hiburan keluarga yang menghibur dan kini mendatangkan keuntungan dengan memproduksi film, video, televisi, perangkat lunak bahkan banyak tokoh-tokoh animasinya di produksi dalam berbagai macam merchandise. Pemutaran perdana Mickey Mouse, tokoh animasi pertama yang diciptakan Walt, di New York, 19 September 1928, mendapat sambutan meriah. Walt Disney adalah cikal bakal era film animasi digital yang hingga kini kemajuannya sangat pesat. Telah banyak studio animasi yang juga sukses di dunia seperti Pixar dan Dreamworks Animation Studio. Berkat idenya Walt Disney dapat mengubah dunia karena dengan karyanya banyak orang yang terhibur dan mendapat lapangan pekerjaan dari semua turunan karya-karyanya.

Disney

9. Nike

Nike adalah perusahaan raksasa yang memproduksi sepatu, pakaian olahraga, peralatan dan aksesoris olahraga. Nike didirikan oleh Bill Bowerman dan Phil Knight yang mulanya hanya dijual secara berkeliling di stadion-stadion atletik. Namun perlahan tapi pasti Nike mulai berkembang pesat dan menjadi perusahaan sepatu terkemuka di dunia serta menguasai pasar dunia. Seiring dengan kesuksesan Nike, muncul pesaing-pesaingnya seperti Adidas, Puma, Reebok dan lainnya. Tetapi Nike masih masih mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam penjualan sepatu olahraga,pakaian serta peralatan olahraga. Nike juga merupakan perusahaan yang mensponsori para olahragawan dan atlet terkenal seperti; Michael Jordan, Tiger Wood dan masih banyak lagi. Dan tak ketinggalan menjadi sponsor klub-klub sepakbola ternama seperti MU, Arsenal, Juventus dan masih banyak lagi. Nike merupakan salah satu perusahaan yang mengubah dunia, karena “walaupun” awalnya memproduksi alas kaki, namun kini menjadi perusahaan yang besar dan mendunia bahkan memiliki karyawan lebih dari 30 ribu orang ditahun 2008. “Just Do It”

Nike

8. Twitter/Facebook

Facebook dan Twitter merupakan salah satu perusahaan yang mengubah dunia. Facebook yang baru didirikan tahun 2004 menempati posisi atas sebagai situs social networking. Kini facebook memiliki 600 juta pengguna di seluruh duni tahun 2011. Begitu pula dengan twitter yang didirikan dua tahun berikutnya yang sangat populer di AS, terutama para selebritinya. Facebook dan twitter telah mengubah dunia kita, jika beberapa dekade yang lalu, kita harus menelepon atau meng-sms teman jika ingin bercerita atau menghubungi teman lama atau keluarga jauh. Namun kini ada facebook dan twitter, kita dapat dengan mudah terhubung dan merasa dekat dengan teman lama, saudara yang berada jauh ribuan kilometer. Kita dapat bertukar cerita apa saja, apa yang kita lakukan, anekdot-anekdot lucu hanya dengan men-share atau men-twit maka akan tersebar ke seluruh dunia.

Facebook and Twitter

7. CNN

CNN (Cable News Network) adalah saluran televisi berita AS terkemuka yang meliput berita 24 jam non-stop. CNN didirikan 1 Juni 1980 oleh Ted Turner yang berkantor pusat di Atlanta, Georgia. CNN selalu terdepan dan yang pertama dalam meliput berita, seperti slogannya yang berbunyi “The Worldwide Leader in News” dan “Go Beyond Borders”. CNN telah meliput berita ke seluruh dunia dan telah mengubah dunia karena liputannya yang dapat disaksikan oleh hampir seluruh penduduk dunia.

CNN

6. Kodak

Kodak adalah salah satu perusahaan yang mengubah dunia dengan produk kameranya. Kodak didirikan oleh George Eastman tahun 1880. Kodak merupakan perusahaan yang memproduksi film fotografi yang terkemuka di abad ke-20. Kamera dapat mengabadikan setiap moment yang berharga dalam hidup kita. Sejarah kamera berasal dari kamera portable obscura yang mengeluarkan asap atau berdiri selama 8 jam. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai jenis kamera digital dengan segala teknologinya. Karena dengan foto kita dapat melihat sejarah dan masa lalu, untuk menatap ke masa depan.

Kodak

5. Google

Google adalah perusahaan mesin pencari yang mengubah dunia. Hampir semua informasi yang kita cari tersedia di Google. Google didirikan tahun 1998 oleh duo Sergey Brin dan Larry Page. Google juga melebarkan sayap dengan menyediakan layanan email gratis, perangkat lunak dan tentu saja iklan AdSense dan AdWord-nya yang dapat mendatangkan uang. Google menempati urutan pertama di Alexa Rank.

Google

4. Mercedes-Benz

Inilah produk yang mengubah dunia, mobil!. Cikal bakal perusahaan yang memproduksi mobil adalah Mercedes-Benz. Mobil pertama didesain adalah Benz Motorwagen tahun1886, dengan roda tiga. Kemudian disusul mobil “velo” Karl Benz tahun 1894 dengan empat roda dan disempurnakan oleh Ford Model T (1927) yang menjadi mobil pertama dengan harga yang terjangkau. Karl Benz adalah cikal bakal mobil Mercedes-Benz. Mercedes-Benz merupakan perusahaan otomotif paling terkenal dan perusahaan mobil tertua di dunia. Karena temuan Karl Benz kita dapat berpergian ke tempat yang jauh maupun dekat dengan menggunakan mobil. Mobil dapat memudahkan aktivitas kita untuk menuju ke suatu tempat.

Mercedes-Benz

3. Nokia

Ini dia perusahaan yang mengubah dunia dengan slogannya “connecting people”. Memang benar, nokia dapat menghubungkan orang dengan produk handphone-nya atau ponsel. Nokia pernah merajai pasar telepon genggam di seluruh dunia. Nokia adalah perusahaan peralatan telekomunikasi terbesar di dunia yang berasal dari Finlandia. Nokia menghubungkan hampir semua orang di seluruh dunia dan kini perkembangan telepon genggam sangat pesat dengan munculnya smartphone. Kini produk telepon genggam yang direprensentasi oleh Nokia dimiliki oleh hampir seluruh orang di dunia dan berada di kantong baju kita. Nokia mengubah cara kita berkomunikasi dan berelasi dengan orang lain.

Nokia

2. Microsoft

Perusahaan yang mengubah dunia selanjutnya adalah Microsoft. Microsoft adalah perusahaan perangkat lunak yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen tahun 1975. Produk Microsoft yang paling mendunia adalah Microsoft Windows, yang mengubah dunia dengan memberikan sumbangan bagi peningkatan produktivitas kerja jutaan orang. Kita tidak pernah membayangkan bahwa mesin ketik dan tumpukan buku yang ditulis secara manual dapat berganti dengan program komputer yang bernama Microsoft Office. Kini semua terasa lebih mudah, efisien, menghemat waktu dan tenaga dengan sistem operasi Aplikasi Windows dari Microsoft.

Microsoft

1. Boeing

Tidak diragukan lagi dengan perusahaan yang memproduksi burung besi ini kita dapat mengudara membelah angkasa. Boeing adalah perusahaan pesawat komersial yang telah memproduksi lebih dari 12 ribu pesawat jet. Boeing didirikan oleh William Edward Boeing di tahun 1916 di Chicago, Illinois, AS. William Edward Boeing adalah seorang penebang kayu dan pebisnis yang sukses, yang kemudian mendirikan perusahaan pabrik pesawat terbang bersama rekannya George Conrad Westervelt, dan diberi nama Pacific Aero Products. Boeing tidak hanya memproduksi pesawat jet komersial tetapi juga memproduksi pesawat militer, pesawat tempur, sistem luar angkasa dan lainnya. Pesawat Boeing diklaim pesawat yang paling nyaman dan aman. Boeing 737 adalah produk yang pertama kali diproduksi dan yang paling laku dan yang paling sering kita dengar dan yang paling banyak digunakan. Boeing 787 adalah produk terbaru dari Boeing, yang pastinya lebih canggih, lebih efesien, lebih nyaman dan aman. Boeing 787 dikenal juga dengan Dreamliner. Berita terbaru dari Indonesia adalah Lion Air telah mencatat rekor pembelian Dreamliner dengan nilai transaksi sebesar US$ 22,4 miliar pada Singapore Airshow.

Boeing

Asal-Usul Teh Di Dunia Yang Saat ini Kita Minum

Shen Nung
Kisah yang paling banyak ditulis tentang asal usul teh adalah cerita tentang Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 sebelum Masehi.

Kaisar Shen Nung terkenal bukan hanya sebagai seorang Kaisar tetapi juga disebut sebagai The Divine Healer (Sang Penyembuh dari Ilahi).


Cerita penemuan teh oleh sang Kaisar juga sangat tidak disengaja ketika daun teh pertama dari tanaman teh yang ada di kebun Kaisar Shen Nung jatuh kedalam air panas yang sedang dimasak oleh Sang Kaisar. Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung muncul membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya. Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daun teh juga sangat disukai oleh Sang Kaisar karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh dan sejak itu teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru Cina.



Daruma

DARUMA adalah pembawa ajaran agama Zen Buddha (Father of Zen Buddha) di Jepang pada tahun 600 Masehi.

Terdapat beberapa versi tentang penemuan tanaman teh di Jepang yang dihubungkan dengan DARUMA.


Legenda menyebutkan bahwa DARUMA yang sedang mempelajari agama Zen Buddha tersebut tahan duduk bertapa tanpa tidur ataupun memejamkan matanya selama 7 tahun (ada yang menyebutkan 9 tahun), versi lain menyebutkan DARUMA duduk bertapa tanpa bergerak sampai akhirnya kedua kakinya lumpuh dan legenda paling eksterm menyebutkan bahwa DARUMA sengaja merobek kedua kelopak matanya untuk menghindari tertidur pada saat bertapa. Kelopak matanya terjatuh di tanah dan menurut legenda keajaiban terjadi ketika tempat dimana kelopak mata tersebut jatuh, tumbuh tanaman teh yang pertama di Jepang. Hal tersebut yang membuat DARUMA terkenal dengan kedua matanya yang besar sebagai icon dan dijadikan boneka terkenal dinegeri Jepang.


Kalau jalan-jalan ke Jepang, sempatkan untuk mampir membeli suvenir tersebut.



Lu Yu

Untuk pertama kalinya pada tahun 780 Masehi seorang cendekiawan bernama Lu Yu mengumpulkan dan membukukan temuan – temuan akan manfaat dan kegunaan teh kedalam sebuah literatur mengenai teh, yaitu Ch’a Cing atau The Classic of Tea.

Buku tersebut menggambarkan “Teh merupakan minuman yang membuat kita lebih bersemangat bila meminumnya, menentramkan hati, membuka pikiran dan mencegah rasa kantuk, membuat badan terasa ringan dan segar serta meningkatkan kemampuan berpikir



Dinasti Ming

Pada masa Dinasti Ming (1368 – 1644), bangsa Cina mulai menyeduh teh dengan air mendidih.

Dengan sedikit adaptasi, tempat penuang anggur tradisional dari Cina yang menggunakan penutup menjadi teko teh yang sempurna




Huruf Cha
Teh dengan segala variasinya di dunia dalam pengejaan dan pengucapan berasal dari sumber tunggal. “Te” berarti teh dalam bahasa Cina Amoy. Bahasa Cina nasional dari kata teh yaitu “cha”, sedangkan dalam Bahasa Inggris teh disebut dengan “tea”.




Penyebaran Teh Dunia

Jalur Sutera
Selama masa pemerintahan Dinasti Han, Tang, Soon dan Yuan, komoditas Teh diperkenalkan ke dunia luar ( dari Cina ) melalui pertukaran kebudayaan menyeberangi Asia Tengah menyelusuri benua Eropa sambil memperdagangkan kain sutera (disebut Jalur Sutera).



East India Company
East India Company atau Perusahaan Hindia Timur Britania yang didirikan oleh Ratu Elizabeth I pada 31 Desember 1600 yang bertujuan untuk memonopoli perdagangan di Hindia Timur. Pada tahun 1669, East India Company mendapatkan lisensi dengan mendatangkan teh dari Cina ke Inggris menggunakan kapal Elizabeth I. Monopoli perdagangan teh dikuasainya sampai dengan tahun 1833.




Boston Tea Party
East India Company pada tahun 1773 boleh berdagang Teh langsung dari Cina ke Amerika dengan memotong jalur perdagangan dan perpajakan yang merugikan eksportir Eropa dan importir Amerika. Sehingga mengakibatkan marahnya penduduk Boston, dengan cara membuang seluruh peti yang berisi komoditas Teh kedalam laut dikenal sebagai BOSTON TEA PARTY yang berakibat pula tercetusnya revolusi Bangsa Amerika terhadap penjajahan bangsa Inggris.

Rabu, 22 Februari 2012

Sukses Memulai Usaha Kecil Retail Kebutuhan Pokok

Bisnis kebutuhan bahan pokok (sembako) merupakan sebuah usaha alternatif yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari yang bermodal kecil hingga modal besar. Agar sukses atau minimal dapat menghasilkan pemasukan tetap maka dibutuhkan kreatifitas agar produk yang ditawarkan berbeda dengan yang lain.

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat diterapkan bagi Anda yang sedang merintis atau yang mulai mengembangkan bisnis sembako:

1. Sembako merupakan produk yang pasti dibutuhkan oleh semua orang.
Jadi Anda tidak perlu khawatir soal ada atau tidaknya yang membutuhkan sembako. Yang menjadi soal adalah apakah pengemasan produk sembako yang Anda tawarkan cukup menarik atau tidak. Maksudnya apakah produk tersebut mempunyai nilai lebih sehingga bisa membuat orang tertarik untuk membeli.

2. Tempat juga menjadi pertimbangan yang sangat penting.
Untuk produk seperti sembako, konsumen cenderung mendatangi. Artinya, tempat usaha harus mudah dilihat, dicari, dan dijangkau. Dan ini berarti harus dekat dengan pembeli. Jangan mencari tempat hanya karena murah, namun juga harus karena strategis. Jadi arti kata strategis di atas bermakna memudahkan konsumen dalam mendapatkan sembako.

3. Harga jual produk sangat menentukan laku atau tidaknya produk.
Harga yang ditawarkan sebaiknya mengacu pada dua pendekatan, yaitu pendekatan produksi dan pendekatan pasar. Pendekatan produksi adalah menjual sembako dengan mengambil keuntungan di atas biaya produksi atau biaya operasional. Sementara di sisi lain, Anda perlu melihat harga pasaran. Sebaiknya sembako dijual dengan harga yang kompetitif. Jika pengemasan sembako sama dengan yang lain, maka bsa dijual dengan harga lebih rendah, meskipun keuntungan yang diperoleh lebih kecil. Tetapi apabila produk sembako dikemas dengan sangat menarik, bisa dijual dengan harga lebih tinggi sedikit.

4. Promosikan sembako Anda dengan cara getok tular.
Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda selalu menjual dengan kejujuran. Promosikan dagangan kita dengan kejujuran, sebab hanya inilah yang dapat mendongkrak penjualan kita. Jika ada dana, tidak ada salahnya mencetak brosur agar nampak lebih berbobot dan jual dengan sistem rabar atau diskon pada akhir atau awal bulan. Ini akan sangat membantu meningkatkan penjualan.

5. Soal people.
Kerap kali kita selalu menjual produk bukan menjual jasa. Padahal secara riil yang kita jual tidak hanya barang tapi sejatinya adalah jasa. Mengapa? Karena produk yang dijual tanpa kehangatan, empati dan pelayanan yang baik, mustahil akan mendatangkan pelanggan. Buatlah agar konsumen atau pelanggan merasa dialah orang yang paling penting di mata kita.

6. Jangan menjual produk yang tidak sesuai dengan janji.
Ini akan membuat konsumen kabur. Oleh karena itu, sebaiknya jika kita yakin bisa memenuhi, maka berilah janji beserta buktinya. Jika tidak yakin, janganlah membuat janji.

Selasa, 21 Februari 2012

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha

Memulai bisnis bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah. Hal yang klasik, banyak pertimbangan di sana sini sehingga tak jarang membuat orang urung memulai bisnis. Semestinya memulai bisnis tidak menjadi salah satu sumber ketakutan bagi setiap orang. Untuk menghilangkan ketakutan dalam memulai bisnis, seseorang bisa membuat persiapan bisnis yang matang sehingga dapat menjalaninya dengan optimistis.

Salah satu seminar Gerald Abraham salah seorang penasehat bisnis pada sebuah firma hukum, juga pemilik dan direktur sebuah konsultan keuangan di tahun 2006, berisi tentang menjadi sukses dengan memahami 9 aspek penting sebelum memulai usaha.

1. Memahami konsep produk atau jasa secara baik

Sebelum memulai suatu usaha maka hal yang terpenting adalah pemahaman kita akan konsep produk atau jasa yang akan menjadi bisnis inti. Kita perlu memahami bukan hanya secara teknis produksi tetapi juga pasar dan prospek mulai daripada lingkungan yang terkecil kepada lingkungan yang terbesar. Dalam topik ini dibahas secara menyeluruh aspek-aspek yang penting dalam melakukan analisa atas kelayakan dan prospek produk termasuk produk-produk yang sama sekali baru dengan melihat sisi human behavior, kebutuhan pasar dan lainnya.

2. Membuat visi dan misi bisnis

Setiap orang yang mau memulai bisnis harus mengetahui visi dan misi yang akan menjadi panduan seseorang untuk tetap fokus kepada tujuan bisnis dan organisasi yang awal. Seringkali suatu usaha pada saat mulai berkembang pada tahap berikutnya mengalami kegagalan karena organisasi tersebut tidak memfokuskan diri kepada peningkatan kemajuan bisnis awal tetapi terlalu banyak mencoba mengembangkan bidang usaha lain yang baru. Dalam topik ini setiap orang akan belajar bagaimana membuat visi dan misi dalam kaitannya dengan latar belakang pribadi dan pengetahuan usaha yang akan anda rintis.

3. Perlunya winning, positive dan learning attitude untuk menjadi sukses

Sikap mental merupakan kunci keberhasilan atas usaha anda selain daripada pemahaman usaha anda. there is no over night success sesuatu yang harus dicamkan daripada setiap calon “entrepreneur” karena dibutuhkan waktu, sikap tidak menyerah, proses belajar secara kesinambunga, dan melihat permasalahan secara positif yang tidak membuat anda menjadi patah semangat namun melihat setiap peluang dan belajar atas setiap kegagalan.Anda akan belajar untuk mengembangkan sikap-sikap diatas untuk menjadi “bisnis entrepreneur” yang sukses.

4. Membuat perencanaan dan strategi bisnis yang efektif akan menghindari usaha daripada risiko bisnis dan keuangan.

Secara statistik hampir seluruh kegagalan bisnis kecil dan menengah disebabkan karena tidak adanya atau kurang efektifnya perencanaan bisnis yang anda buat. Asumsi-asumsi seperti kapasitas produksi, tingkat utilisasi produksi, proyeksi kenaikan harga dan biaya dan aspek lainnya dalam perencanaan bisnis haruslah menggambarkan secara akurat realitas pasar atau praktek yang ada dalam suatu industri. Sistematika perhitungan dan proyeksi pendapatan dan biaya harus dibuat secara tepat sehingga membantu setiap calon pengusaha untuk menghitung secara akurat kebutuhan modal investasi dan modal kerja termasuk struktur biaya untuk persiapan awal, tahap percobaan, produksi secara komersial, inventori, distribusi, pemasaran, administrasi, sumber daya manusia dan juga komponen pendapatan usaha yang terdiri dari pendapatan inti dan tambahan. Pemahaman yang baik atas hal ini juga akan membantu calon entrepreneur untuk dapat mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan keuangan dan membuat langkah-langkah pengendalian untuk dapat menghindari setiap resiko tersebut.

5. Pengetahuan dasar manajemen, organisasi dan sistem akan menghindari usaha daripada risiko manajemen.

Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses pemasaran, produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik. Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas, koordinasi dan komunikasi antar pegawai yang tidak efektif sehingga banyak keputusan yang terlambat, perekrutan pegawai yang tidak efektif sehingga banyak pegawai yang keluar masuk dan membuang banyak waktu dan biaya, pelatihan yang tidak baik sehingga produktivitas pegawai yang rendah dan masih banyak lagi permasalahan organisasi. Dalam topik ini kami akan memberikan pengetahuan dasar dan aspek-aspek yang sangat penting yang harus dipelajari oleh calon bisnis entrepreneur untuk menghindari resiko manajemen yang dapat menyebabkan kegagalan usaha.

6. Optimalisasi sumber daya manusia maka 50% usaha Anda sudah berhasil.

Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting. Banyak pakar yang menyadari bahwasanya untuk memulai usaha seringkali apabila kita merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi sangat baik dapat menutup kelemahan manajemen, organisasi dan sistim dalam jangka pendek. Dengan SDM yang tepat maka kita sudah setengah jalan untuk menjadi sukses. Topik ini akan membantu kita untuk memahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai dengan kebutuhan usaha, manajemen SDM secara umum termasuk sistim penilaian kinerja pegawai sehingga setiap pegawai akan merasa puas dan juga bagaimana memotivasi pegawai baik secara psikologi umum maupun dengan sistim insentif untuk mengoptimalkan kinerja pegawai.

7. Mengapa kreativitas, kepemimpinan dan proses pembuatan keputusan sangat penting?

Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan mengalami banyak permasalahan dan krisis. Banyak kegagalan terjadi karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan dan pembuatan keputusan yang tepat untuk mencari solusi yang baik. Kreativitas seperti “thinking outbox” atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat membantu usaha anda untuk berhasil. Kreativitas juga akan sangat membantu anda untuk menyesuaikan produk-produk anda agar dapat diterima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangun usaha anda. Kepemimpinan sangat penting dalamkrisis untuk membuat setiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha anda percaya bahwasanya anda tidak panik, menjadi tempat last resort solusi atas semua permasalahan dan menjadi panutan. Proses Pembuatan Keputusan akan membantu anda dalam mencari alternatif solusi dan memilih yang terbaik untuk usaha dan organisasi anda. Dalam topik ini anda akan mendapatkan cara-cara mengembangkan kreativitas usaha anda, ciri-ciri kepemimpinan yang cocok dengan latar belakang pribadi anda dan bagaimana proses yang benar dalam membuat keputusan dalam setiap permasalahan.

8. Pengetahuan dasar pengelolaan keuangan dan pembiayaan

Pemahaman atas aspek ini adalah sangat penting dalam perkembangan usaha anda. Seringkali produksi terganggu karena pengelolaan keuangan yang tidak baik seperti kekurangan dana untuk pembelian bahan baku, alat-alat produksi dan lainnya. Dalamtopik ini akan dibahas pengetahuan dasar atas cash flow atau arus kas yang seperti darah dalam tubuh manusia, biaya pendanaan, pembiayaan modal kerja dan investasi, struktur modal, aset perusahaan, penyertaan modal dan lainnya.

9. Pemasaran, pelayanan dan product brand

Pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan penjualan produk atau jasa. Sebaik apapun produk atau jasa tanpa pemasaran yang baik maka akan sangat sukar untuk meningkat penjualan dan keuntungan usaha. Di lain pihak tanpa pelayanan yang baik kepada pelanggan maka akan sangat sukar suatu usaha untuk memperoleh pelanggan yang loyal yang merupakan kunci perkembangan usaha. Dengan pelanggan yang loyal maka pekerjaan pemasaran akan lebih mudah karena pelayanan yang baik akan menciptakan product brand yang baik kepada calon pelanggan baru. Dalam topik ini akan dibahas secera menyeluruh semua aspek penting dalam membuat strategi pemasaran, identifikasi pelayanan yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana menciptakan product brand dan efeknya kepada keberhasilan usaha.

Pengusaha Favorit Indonesia 2011 Versi Majalah Elshinta

Pada bulan Oktober 2011 terpilih sebagai nominator pengusaha favorit Indonesia 2011 versi Majalah Elshinta bersama 9 pengusaha nasional lainnya. Proses seleksi dilakukan melalui polling pilihan pembaca majalah Elshinta selama kurang lebih 3 bulan. Alhamdulillah pada tanggal 14 Februari 2012 bertepatan dengan acara ulang tahun Elshinta Radio dan Elshinta TV diumumkan bahwa saya terpilih sebagai Pengusaha Favorit Indonesia 2011 berdasarkan pilihan pembaca majalah Elshinta. Dengan kepercayaan yang diberikan pembaca membuat saya makin berusaha untuk menjadi seorang entrepreneur yang bisa memberikan manfaat kepada banyak orang dan tentunya dengan tetap menjaga etika dalam berbisnis serta menjaga kesederhanaan dan rendah hati. Tidak lupa dengan segala kerendahan hati saya mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang telah memilih saya melalui polling. Salam sukses selalu

Sikap Seorang Entrepreneur Sukses

Inilah sikap-sikap dasar yang harus dimiliki dan dilatih untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses.
1. Disiplin. Disiplin berarti selalu berkomitmen terhadap apa yang sudah dijadwalkan. Mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, ketika anda menetapkan bahwa waktu makan anda adalah 3 kali sehari, maka apapun yang terjadi, ketika jadwal makan anda telah tiba, maka anda akan berusaha untuk makan. Demikian halnya dengan entrepreneur, ketika telah ditetapkan suatu kegiatan untuk menunjang keberhasilan impiannya, maka dia akan berusaha untuk melaksanakan kegiatan tersebut setiap waktu yang telah ditetapkan.

2. Tekun. Seorang entrepreneur akan selalu fokus pada setiap pekerjaannya. Dia akan berusaha untuk melakukan suatu tindakan dan cenderung bereksperimen, sehingga dari asalnya tidak bisa menjadi bisa, atau yang asalnya tidak tahu menjadi tahu. Ketekunan seorang entrepreneur didasari oleh motivasi di dalam dirinya untuk berhasil mencapai apa yang diimpikannya.

3. Sabar. Ini adalah kepribadian yang paling sulit untuk dikendalikan, sebab kesabaran ini sedikit banyak menyangkut pada karakter seseorang, dan manusia pada dasarnya cenderung bersikap tidak sabar. Kunci untuk bersikap sabar adalah bahwa fokus kita dalam melakukan sesuatu bukan kepada tujuan, melainkan harus fokus kepada cita-cita/impian. Dan yang paling penting adalah nikmati setiap proses pekerjaan untuk menggapai impian.

Dari ketiga sikap tersebut sebetulnya berawal pada satu hal yang sangat penting, yang merupakan inti dalam melakukan semua pekerjaan, yaitu "Bekerja dengan menggunakan hati"

Sabtu, 11 Februari 2012

Tolak Ukur Kebahagiaan Dalam Hidup Kita

Seorang Pengunjung Rumah Sakit Jiwa melihat seorang pasien sedang menggoyangkan kursi ke depan dan belakang, sambil terus menerus mengucap pelan, "Lulu...Lulu..."
Merasa kasihan bercampur heran, ia bertanya pada dokter yang mendampinginya, "Apa yang menyebabkan dia jadi seperti ini?"
"Penyebabnya adalah Lulu. Cintanya ditolak perempuan bernama Lulu," jawab dokter.

Mereka lalu meneruskan perjalanan menyusuri koridor. Sampailah mereka di blok berikutnya. Di sana, ada sebuah kamar yang dindingnya diberi lapisan empuk. Penghuninya terus-menerus membenturkan kepalanya ke dinding sambil merintih, "Lulu...Lulu"
"Apakah Lulu juga yang membuatnya jadi seperti ini?" tanya pengunjung itu lagi.
"Ya, "kata dokter." Dialah orang yang akhirnya dipilih Lulu sebagai suaminya." (Anthony de Mello)
Hikmah cerita :
Kadang kita merasa kita adalah orang paling sial di dunia. Kita sangat menginginkan sesuatu dalam hidup, tapi justru orang lain yang mendapatkannya. Tapi kita sering lupa bahwa meski kita mendapatkannya apa yang kita inginkan, bukan berarti kita bebas dari masalah. Karena masalah selalu ada di sepanjang jalan kehidupan. Belum tentu juga kita akan merasa bahagia setelah mendapatkan apa yang kita inginkan. Bahkan orang yang telah mendapatkan semua yang ia inginkan bisa sama menderitanya dengan orang yang tidak mendapatkan apapun. Karena tolak ukur kebahagiaan bukan pada apa yang telah atau belum didapatkan, tapi bagaimana kita menghadapi segala hal dalam hidup ini dengan positif.

Senin, 30 Januari 2012

Langkah Jitu Networking Yang Sukses

Kesuksesan seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor koneksi kerja atau networking. Dengan memperluas lingkaran networking Anda, maka kesempatan kerja maupun kesuksesan lebih mudah diraih.

Menyikapi hal ini, banyak orang merasa kesulitan dalam melakukannya, dikarenakan rasa tidak percaya diri atau tidak tahu teknik yang tepat. Menurut situs SheKnows, networking hampir sama dengan proses kencan. Layaknya berkencan, networking membutuhkan sebuah rencana. Menentukan tujuan bisa dilakukan berdasarkan tujuh langkah berikut ini.

1. Tujuan yang Spesifik & Jelas
Anda perlu pekerjaan baru, klien lebih banyak atau memperluas bisnis? Hal ini kurang jelas sifatnya. Tentukan dengan spesifik apa yang sebenarnya ingin Anda capai. Ingin pekerjaan baru di bidang apa, perusahaan apa dan sistem kerja seperti apa dengan range gaji berapa. Hal ini akan mempermudah orang lain untuk membantu Anda.

2. Rancang Lingkup Koneksi Anda
Mungkin hal ini terdengar sulit dan lama, namun membagi orang berdasarkan tujuan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan bisnis. Tetapkan networking Anda berdasarkan bulanan, tahunan hingga dua hingga lima tahunan (masa depan).

Contoh: Koneksi jangka pendek berarti menelpon teman untuk makan siang, minum kopi bersama dan membahas perkembangan bisnis terbaru. Jangka panjang berarti menentukan orang-orang di lingkup usaha Anda, entah itu kompetitor, mitra usaha, dan komunitas bisnis yang bisa memperkaya pengetahuan Anda.

Jangka masa depan berarti memperluas lingkup bisnis yang sudah diperkuat seperti mencari koneksi usaha di area yang skalanya lebih besar seperti luar kota/negeri, mencari supplier baru, hingga memanfaatkan promosi di area yang belum terpikirkan sebelumnya.

3. Realistis
Pastikan tujuan networking Anda realistis sesuai dengan rentang waktu yang telah ditentukan (poin 2). Tujuan akan berjalan mulus jika Anda fokus dan terus termotivasi. Jadi pastikan tujuan awal Anda tidak muluk-muluk dan simpel.

4. Selalu Update Koneksi Anda
Memiliki koneksi banyak akan percuma jika Anda tidak melakukan apa-apa dengannya. Hubungilah mereka secara rutin dan biarkan mereka terus ingat pada Anda. Dalam permainan The Sims, hal ini juga selalu diingatkan jika Anda ingin sukses, jangan pernah sampai orang lupa akan diri Anda. Tetap update dengan perkembangan mereka dan juga sebaliknya. Anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang bisa menolong Anda.

5. Bersenang-senang
Terkadang, seseorang terlalu serius dan menetapkan tujuan yang terlalu besar sehingga sulit untuk bangkit saat menemui kebuntuan. Bersenang-senanglah. Datang ke setiap acara layaknya Anda mendatangi pesta yang diadakan sahabat akan terasa lebih menyenangkan ketimbang menganggap hal tersebut hanyalah pekerjaan yang harus dilakoni sebagai rutinitas.

6. Evaluasi Diri
Coba evaluasi kembali tujuan yang telah Anda tetapkan. Lakukan perubahan dan penyesuaian jika diperlukan. Meskipun networking berarti berkenalan, bukan berarti Anda tidak perlu mencatatnya. Pindahkan ke jurnal kerja Anda, siapa saja yang telah Anda temui setiap hari. Hal ini memudahkan untuk terkoneksi dan membentuk tujuan baru.

7. Periksa Modal Anda
Bahkan untuk berkencan sekalipun Anda perlu uang. Networking membutuhkan modal untuk membawa klien potensial minum kopi atau makan siang. Dalam skala yang lebih besar, mungkin aktivitas Anda ini dibiayai oleh kantor, namun jika Anda bekerja secara independen, mungkin Anda memerlukan bantuan tenaga akuntan untuk mencatat segala pengeluaran.

sumber: wolipop.com


Anggapan Yang Salah Tentang Faktor Penyebab Sukses

Setiap orang memiliki definisi yang berbeda mengenai makna sukses. Seorang dokter akan mengatakan sukses jika berhasil menyembuhkan pasiennya. Lain lagi bagi seorang guru, dia akan merasa sukses jika anak didiknya berhasil menyerap ilmu yang dia transferkan. Sedangkan Marketer akan mengatakan sukses jika produknya berhasil diserap pasar. “When the mind thinks of success, the outside world mirrors these thoughts” Remez Sasson. Disamping itu, masih banyak yang salah mengerti akan “faktor penyebab” berhasilnya diraih sukses, antara lain :

1. Menganggap sukses identik dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Kenyataannya, tidaklah selalu demikian. Banyak dijumpai orang – orang yang tingkat edukasinya rendah (bukan Sarjana / tidak sampai tamat SMA) tetapi sukses dalam bisnis bahkan jadi konglomerat. Mereka – mereka ini bisa sukses karena piawai dan jeli melihat peluang yang ada. “Your mind is the generator of failure, and also the generator of success” Remez Sasson

2. Menganggap sukses identik dengan tidak melakukan kesalahan. Siapa yang tidak akan pernah melakukan kesalahan ? Justru karena melalui kesalahanlah, Thomas Alfa Edison sukses menemukan listrik. “Strong people make as many mistakes as weak people. Difference is that strong people admit their mistakes, laugh at them, learn from them. That is how they become strong” Richard Needham

3. Menganggap sukses identik dengan kerja yang tanpa adanya batasan waktu. Kerja tanpa adanya batasan waktu, menunjukkan bahwa orang tersebut tidak professional pada pekerjaannya karena tidak memiliki time management. Seorang professional, tahu benar kapan harus mengawali dan mengakhiri pekerjaannya dengan hasil yang terbaik. Professionalism : It’s NOT the job you DO, It’s HOW you DO the job.

4. Menganggap sukses identik dengan birokrasi yang sudah ditentukan. Di era yang serba praktis, semua bentuk birokrasi yang bertele – tele, complicated dan rumit, sudah sewajarnya disederhanakan. Karena selain tidak efisien, juga akan menurunkan produktivitas. “Professionalism knows how to do it, when to do it, and doing it” Frank Tyger

5. Menganggap sukses identik dengan petunjuk atasan. Petunjuk dibutuhkan jika acuan kerja belum ada atau masih ragu dan bimbang. Kemandirian dan kreativitas tidak akan timbul atau berkembang jika selalu tergantung pada orang lain. “Professional are people who do jobs well even when they don’t feel like it”

6. Menganggap sukses identik dengan keberuntungan. Tanpa adanya usaha yang ulet, semangat dan serius, tidaklah mungkin keberuntungan akan mendatangi diri seseorang ibarat hujan emas dari langit. “The golden opportunity you are seeking is in yourself. It is not in your environment; it is not in luck or chance, or the help of others; it is in yourself alone” Orison Swett Marden

7. Menganggap sukses identik dengan banyak uang. Sejujurnya, uang memang dibutuhkan tetapi jika tidak tahu cara memanfaatkannya secara bijaksana maka seseorang tidak saja akan menjadi budak bagi uangnya tetapi juga tidak akan bisa menjadi tuan bagi uangnya. “Money is better than poverty, if only for financial reasons” Woody Allen

8. Menganggap sukses identik dengan pengakuan. Logikanya, sukses yang sesungguhnya adalah didasarkan oleh apa yang tertampak / nyata dan bukanlah dikarenakan oleh pengakuan atau penilaian dari orang lain. “There are things to confess that enrich the world, and things that need not be said” Joni Mitchell

9. Menganggap sukses identik dengan tercapainya tujuan. Tujuan adalah sasaran yang ingin dicapai tetapi itu bukanlah akhir dari perjalanan. Tetapi adalah awal tujuan yang lain. “We are made wise not by the recollection of our past, but by the responsibility for our future” George Bernard Shaw

10. Menganggap sukses identik dengan berakhirnya kesulitan. Hidup adalah perjuangan yang penuh dengan rintangan dan tantangan. Yang namanya kesulitan, pasti akan dialami. Yang menjadi masalah, mau atau tidak dihadapi. Jika lari dari kenyataan / tidak mau menghadapinya maka sampai kapanpun juga, kesulitan tersebut selain tidak akan bisa tersirnakan, kwantitasnya juga akan semakin banyak. “In the middle of every difficulty lies opportunity” Albert Einstein. Sukses atau tidak dalam hidup ini, andalah yang tahu / penentunya.“Attaining peace of mind, happiness and good relationships also mean success” Remez Sasson

Minggu, 29 Januari 2012

10 Kisah Orang-orang yang Sukses Besar Setelah Resign

Pernahkah Anda berharap ingin berhenti dari pekerjaan sekarang dan mewujudkan mimpi Anda? Bisa saja nasib baik berpihak Anda, seperti orang-orang ini. Mereka bisa mendulang sukses setelah meninggalkan pekerjaan yang memberikan mereka gaji tetap.

Kesuksesan setelah berhenti dari pekerjaan kantoran Anda memang bukan jaminan. Namun untuk beberapa orang bisa beruntung setelah mengatakan 'Saya berhenti". Dengan kerja keras dan kebulatan tekad, mereka kini bisa berbalik mendulang sukses.

Berikut kisah sukses orang-orang setelah berhenti dari pekerjaannya. Orang-orang ini bisa mendulang jutaan dolar dan menciptakan kekayaannya sendiri. Berikut 10 orang-orang beruntung itu, seperti dikutip dari CNBC, Rabu (26/1/2012).

1. Shep dan Ian Murray, Vineyard Vines



Dua bersaudara, Shep dan Ian Murray ini merasa frustasi dengan pekerjaan mereka di belakang meja pada sebuah perusahaan di Manhattan. Shep Murray sebelumnya adalah seorang Account Executive di sebuah perusahaan periklanan, sementara Ian Murray bekerja di sebuah perusahaan public relation kecil. Pada tahun 1998, Shep Murray mengundurkan diri, disusul saudaranya 10 menit kemudian.

Mereka selanjutnya mengambil tunai dari kartu kredit untuk mulai mendirikan Vineyard Vines, sebuah dasi yang berbasis di Martha's Vineyard. Ide mereka mengambil uang tunai dari kartu kredit sempat dicemooh dan dinilai bodoh.

Pada awalnya, mereka menjual dasi-dasi itu di tas ransel, di pantai, di kapal dan di bar. Mereka menjual habis 800 dasi dalam pekan pertama. Mereka dengan cepat memasannya lagi, membayar utang dan pindah ke kantor pertamanya. Satu dekade kemudian, bisnis mereka kini meliputi seluruh clothing line.

Saat ini ada 18 toko ritel Vineyard Vine di seluruh negara, dan jaringannya dapat ditemukan di hampir 500 toko. Vineyard Vine diperkirakan mampu mencetak penjualan hingga US$ 100 juta pada tahun 2011.

2. Rick Wetzel dan Bill Phelps, Wetzel's Pretzels



Rick Wetzel dan Bill Phelps dulunya sama-sama bekerja di Nestle ketika konsep Wetzel's Pretzels terlahir. Keduanya sedang dalam perjalanan bisnis ketika Wetzel mengatakan kepada Phelps tentang ide istrinya untuk membuat pretzel yang besar dan lembut dan dijual di mal. Malam itu, mereka duduk di bar dan menggambarkan rencana bisnisnya pada sebuah kain serbet.

Wetzel kemudian menjual Harley Davidson miliknya untuk mendanai bisnis yang dijalankannya di waktu senggang itu. Mereka menggandeng partner untuk menciptakan resep di dapur Phelp. Dan ketika waktunya tiba untuk membuka toko, mereka mencoba meyakinkan pemilik mal untuk datang ke rumah mereka dan mencoba kreasinya. Dan ternyata pemilik mal itu menyukai rasanya, sehingga mau menyewakan tempat untuk toko pertama Wetzel's Pretzels.

Itu adalah tahun 1994. Setahun kemudian, Wetzel dan Phelps mendapatkan keberuntungannya ketika mereka mendapatkan beberapa paket penawaran (untuk berhenti) dari Nestle. Mereka membuka lagi beberapa toko sebelum memutuskan untuk mewaralabakannya pada tahun 1995. Saat ini tercatat ada 250 toko Wetzel's Pretzel di seluruh AS, dengan lokasi di Jepang dan India diharapkan dibuka pada tahun ini. Penjualan di seluruh wilayah diperkirakan mencapai US$ 100 juta dengan pertumbuhan penjualan mencapai 9% pada tahun 2011.

3. Terry Finley, West Point Thoroughbreds



Terry Finley menyelesaikan tugas militernya pada tahun 1990 ketika dia dan istrinya, Debbie kemudian membeli kuda seharga US$ 5.000. Kuda yang diberi nama Sunbelt itu memenangkan pacuan pertamanya dan Finley pun tersangkut.

"Melakukan apa yang Anda cintai dan membuatnya profesional adalah jauh lebih baik ketimbang hanya sekedar bekerja untuk hidup," jelas Finley.

West Point Thoroughbreds sekarang membeli 20-25 kuda setiap tahun, membentuk kelompok investor yang dapat meraup laba ketika kuda-kudanya menang, mengembangbiakkan dan menjual. Sejak tahun 2007, kuda-kuda mereka telah memenangkan lebih dari 20% pacuan, sehingga membuat mereka bisa meraup US$ 16 juta. Penjualan tahunan mereka mencapai US$ 7 juta.

4. Dana Sinkler dan Alex Dzieduszycki, Terra Chips



Dana Sinkler dan Alex Dzieduszycki sebelumnya bekerja untuk chef bintang, Jean-Georges Vongerichten di restoran bintang empatnya, Lafayette di New York. Mereka kemudian memutuskan berhenti dan memulai bisnia ketering pertamanya. Mereka ingin menciptakan sebuah sajian khusus untuk disajikan di bar, namun mereka ingin sesuatu yang berbeda dari elaborasi satu piringan penuh sayuran atau crudité platters, yang populer pada saat itu. Jadi pada tahun 1990, mereka bereksperimen dengan menggoreng sayur-sayuran di dapur apartemen kecil Sinkler.

Dan ternyata keripik sayur-sayuran kreasi mereka 'Terra Chips' menjadi sangat populer dan bisa dijual di toko. Sebuah perusahaan swasta membeli 51% saham mereka pada tahun 1995, dan pada tahun 1998 Hain Celestial membeli Terra Chips sebagai bagian dari kesepakatan senilai US$ 80 juta dengan 3 perusahaan lain. Pada saat itu, ujar Dzieduszycki , Terra Chips memiliki penjualan hingga US$ 23 juta.

Sinkler dan Dzieduszycki telah bergerak ke perusahaan baru. Sinkler kini telah memulai bisnis restoran baru yang disebut Hubee D's, sementara Dzieduszycki memulai Julian's Recipe, yang menjual waffle beku.

5. Adam Lowry dan Eric Ryan, Method



Adam Lowry dulunya bekerja sebagai ilmuwan iklim, sementara Eric Ryan bekerja di bidang periklanan. Keduanya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mengembangkan bisnis produk pembersih yang ramah lingkungan, Method. Pada saat itu tidak banyak pilihan untuk produk kebersihan yang tidak mengandung unsur-unsur kimia berbahaya. Sehingga dua orang yang berteman baik sejak anak-anak itu mulai melakukan riset dan Lowry bahkan mencampur bahan kimia di bak cuci apartemen mereka.

Mereka juga menarik uang tunai dari kartu kredit, dan menggabungkan dana hingga US$ 200.000 dari keluarga, teman dan memulai Method pada tahun 2000. Method telah menjadi sebuah perusahaan swasta dengan pertumbuhan paling cepat di Amerika dengan produk sekitar 100 mulai dari sabun tangan hingga sabun cuci piring dan pembersih kamar mandi. Pendapatan kotor perusahaan itu diperkirakan mencapai US$ 100 juta.

6. Rod Johnstone, J/Boats



Rod Johnstone berusia 38 tahun dan bekerja sebagai sales untuk publikasi kapal ketika memutuskan untuk berhenti dan mewujudkan mimpi perahu layarnya. Ia semula sangat menikmati, namun kemudian merasa pertumbuhannya tidak cukup cepat. Orang tuanya kemudian mendonasikan kayu yang bernilai beberapa ratus dolar, dan Johnstone kemudian mulai membangun kapal di garasinya. Satu setengah tahun kemudian kapal impiannya rampung dan ia mulai mengikutkannya dalam perlombaan. Didorong oleh kesuksesannya, Johnstone memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mewujudkan impiannya.

Itu adalah tahun 1977. Setelah itu, J/Biats telah membangun lebih dari 13.000 kapal, dari yang kecil hingga kapal pesiar mewah sehingga mendatangkan pendapatan hingga jutaan dolar. Desain awal Johnstone, J/24 kini ada di Sailboat Hall of Fame.

7. Andy Schamisso, Inko's White Tea



Pada tahun 2002, Andy Schamisso bekerja sebagai public relations namun tidak merasa nyaman. Suatu hari, ketika istrinya tidak dapat menemukan teh putih yang jarang untuk es tehnya, Schamisso menemukan panggilannya. Ketika sedang mencarinya di internet, ia menemukan keuntungan keseatan dan memutuskan membawa resep istrinya ke orang lain.

Jadi setelah 13 tahun di perusahaan PR, Schamisso memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai Inko’s White Tea, yang dinamakan seperti anjingnya. Setelah mendapatkan cukup uang untuk membuat 6.000 kotak, Schamisso pergi ke jalanan di New York untuk menjual produknya. Setahun kemudian, order sudah beruba dari kardus-kardus ke truk-truk. Saat ini ada 14 jenis Inko’s White Tea di pasar. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan tahunan perusahaan mencapai US$ 3 juta.

8. Kim dan Beaver Raymond, Marshmallow Fun Company



Kim dan Beaver Raymond, keduanya sama-sama mengatakan "Saya Berhenti" setelah mainan yang semula mereka ciptakan untuk anak-anak mereka berubah menjadi mainan yang sangat hits. Dua bersaudara itu sebelumnya sama-sama bekerja di industri fesyen. Pada tahun 2002, mereka membuat mainan tembakan dari pipa PVC untuk pesta ulang tahun anak mereka. Dipicu oleh kesuksesan pertempuran makanan yang mereka saksikan, pasangan itu dan beberapa temannya kemudian menggambarkan bagaimana membangun dan memasarkan mainan baru tersebut.. dan Marshmallow Fun Company terlahir.

Pada tahun 2010, Marshmallow Fun Company menjual lebih dari 7 juta tembakan mainan anak-anak.

9. Rocky Patel, Rocky Patel Cigars



Rocky Patel merupakan pengacara entertainment Hollywood, sebelum akhirnya sukses mengembangkan bisnis cerutu. Setelah didekati untuk kemungkinan memroduksi brand cerutunya sendiri, Patel memutuskan untuk mengubah kecintaannya menjadi sebuah karir. Padahal teman-teman dan koleganya telah mengingatkan dia yang akan meninggalkan praktik hukumnya untuk industri yang ia belum ketahui. Namun Patel melihat sebuah kesempatan untuk menciptakan produk yang ia pikir hilang dari pasar. Jadi iapun meninggalkan bisnis hukum dan mulai memroduksi cerutu pada tahun 1996, mengubah rumahnya di California menjadi kotak tembakau.

Setelah awal yang sangat sulit, Patel memutuskan untuk memindahkan bisnisnya ke Florida dimana sebagian besar perusahaan cerutu AS berada. Ia mendapat sukses besar pada tahun 2003 dengan Rocky Patel Vintage Series yang mendapatkan peringkat tinggi dan pujian.

Rocky Patel Cigars saat ini memroduksi 200.000 cerutu setiap tahunnya, dengan penjualan lebih dari US$ 40 juta pada tahun 2011.

10. Paul English, Kayak



Paul English bekerja di sebuah perusahaan modal, Greylock pada tahun 2004 ketika Steve Hafner yang mendirikan Orbitz mengungkapkan ide untuk membuat perusahaan perjalanan yang berbeda. Setelah melakukan pertemuan selama 1 jam dan 3 gelas minuman, English dan Hafner membentuk Kayak, sebuah mesin pencari perjalanan online. English pun berhenti dari pekerjaannya di Greylock dan mulai menjadi chief technology officer untuk website baru itu.

Kayak menjadi tempat pencarian ratusan situs perjalanan yang lengkap karena ada tarif pesawat, hotel, sewa mobil dan kini berada di peringkat 1 untuk pasar tersebut. Kayak juga menyampaikan dokumen untuk IPO pada tahun 2010, meski hingga kini belum juga dilakukan. Perusahaan tersebut dilaporkan meraup pendapatan hingga US$ 170,6 juta pada 9 bulan pertama di 2011. Kayak memproses 670 juta pengguna informasi perjalanan dan memiliki 5 juta download aplikasi mobile pada periode tersebut.