Kamis, 10 Juli 2008

Perjalanan Bisnis Indonesia Young Entrepreneurs Award 2008

Akhirnya tahap demi tahap yang melelahkan telah dapat saya lalui. Dimulai awal Juni dimana dilakukan seleksi administrasi, dimana dari seleksi tersebut terpilih 10 besar. Pada minggu ke 2-3 bulan Juni 2008 dilakukan kunjungan ke cabang-cabang lokasi usaha sekaligus wawancara oleh bapak Pietra Sarosa,RFA dari Sarosa Consulting Group. Dan pada awal Juli diumumkan 4 besar untuk dilakukan seleksi oleh Dewan Juri untuk menentukan pemenangnya. Pada tanggal 8 Juli 2008 tepat jam 9.00 acara penjurian dimulai diawali dengan pengambilan nomor urut presentasi. Saat itu saya mendapat giliran terakhir mempresentasikan visi, misi dan strategi pengembangan usaha. Dalam presentasi saat itu jurus yang saya gunakan adalah penerapan strategi PDB (Positioning, Diferensiasi dan Branding) yang menjadi andalan dari pakar marketing Hermawan Kartajaya. Dewan juri saat itu ada 4 orang yang semuanya pakar dibidangnya yaitu : Bpk. Beno Pranata Presdir Pesan Delivery, Bpk.Pardi Sudradjat Komisaris Utama Mandiri Sekuritas, Margiman Executive Director Ciputra Foundation dan Bpk. Izak Jenie Director Jatis ecom. Suasana penjurian dapat dilihat pada foto dibawah ini :





Dewan juri sangat tertarik dengan strategi positioning, diferensiasi dan branding yang saya lakukan untuk pengembangan Bakso Malang Kota "Cak Eko" dan dewan juri nampak puas pada setiap jawaban yang saya lontarkan atas pertanyaan para dewan juri. Ajang ini bagi saya juga sebagai salah satu strategi branding. Setelah selesai acara penjurian para dewan juri dan saya saling bertukar kartu nama sebagai strategi networking dan selanjutnya dilanjutkan dengan acara istirahat makan siang. Pkl.13.00 dimulai lagi penjurian untuk kategori perintis sampai denganpkl.17.00. Selepas acara para dewan juri mengadakan rapat pleno untuk menentukan pemenangnya. Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 9 Juli 2008 pkl.11.00-14.00 bertempat di Mario's Place Menteng Huis Cikini. Penganugerahan diberikan pula untuk artis yang mendapatkan celebrity entrepreneurs award 2008 yaitu : Olga Lidya, Ade Ray, Titi Kamal, dan Deddy Corbuzier. Tepat pukul 14.00 diumumkan pemenang kategori utama yang memang saya tunggu-tunggu dan Alhamdulillah akhirnya saya dinobatkan sebagai Pemenang Bisnis Indonesia Young entrepreneurs Award 2008 dan dengan penghargaan yang saya terima ini semakin memacu saya untuk secepatnya mewujudkan visi dari Bakso Malang Kota "Cak Eko" yang bisa mendunia seperti MC'D dan KFC dan sekaligus dapat mensejajarkan makanan tradisional Indonesia dengan makanan-makanan import negara-negara lain yang masuk ke Indonesia. Foto-foto penganugerahan bersama Deddy Corbuzier dan Titi Kamal.