Jumat, 28 Maret 2008

Pilih Partner Buka Usaha Baru Perlukah???

Ada alasan dimana Anda tidak dapat menjalankan usaha seorang diri atau membutuhkan seorang atau beberapa partner, yang pertama adalah perasaan takut dan yang kedua adalah tidak mempunyai modal yang cukup. Kecenderungan orang yang baru pertama kali terjun buka usaha
adalah lebih suka bekerjasama dengan rekan usaha dikarenakan masih mempunyai perasaan takut. Dengan adanya rekan usaha, mereka merasa lebih berani. Padahal itu adalah cara yang salah!!! Saya ingatkan jangan sekali-kali Anda mencari partner usaha hanya karena alasan
takut untuk memulai usaha sendiri. Kenapa saya katakan begitu,karena sebuah usaha yang dibangun dengan permulaan seperti itu hampir dapat dipastikan akan berakhir dengan pemutusan dengan partner usaha Anda. Sering terjadi orang yang baru mulai membuka usaha bekerjasama dengan dengan sahabat mereka. Hal itu terjadi karena mereka menganggap bahwa sahabat bisa lebih dipercaya dan semua urusan atau aturan serba gampang dan fleksibel. Namun hal tersebut menurut saya justru alasan yang salah dalam penentuan partner dalam usaha. Orang yang dapat bersahabat dengan baik belum tentu dapat menjadi rekan usaha yang baik pula!!!. Sering saya jumpai khususnya dalam dunia usaha bahwa dua orang sahabat yang bekerjasama berakhir dengan permusuhan. Jika usaha itu gagal sudah pasti mereka tidak dapat tetap bersahabat. Malah, meski usaha bisa maju dan sukses mereka dapat menjadi musuh karena timbul perasaan saling iri. Manusiawi, sebelum melihat uang banyak orang belum serakah. Hal yang sama dapat terjadi dengan kerjasama antara kakak-beradik ataupun dengan kerabat. Banyak orang yang memulai usaha dengan bekerjasama dengan anggota kerabat sendiri, namun saat timbul perselisihan yang berakibat permusuhan, nasib mereka malah lebih tragis.

8 komentar:

Ono Karsono mengatakan...

Saya sangat setuju sekali Cak Eko, karena saya pernah mengalaminya dan sering melihat pula usaha yang bersifat join itu hancur pada ujungnya.

Lebih baik berjuang sendiri dengan kemampuan sendiri, walaupun dengan modal seadanya. Walaupun takut pada awalnya, tapi ada kepuasan pada akhirnya. Serasa kita menjadi manusia yang benar-benar bebas.

Sukses selalu untuk Cak Eko. Terus berkarya Cak, untuk kemanfaatan orang2 di sekitar kita.

Tygogal mengatakan...

See Please Here

Kijar mengatakan...

See Please Here

sampara mengatakan...

Ya betul berjuang dengan kemampuan sendiri tanpa mengharapkan bantuan orang lain, tapi jangan mengabaikan jika ada yang ingin memberi bantuan.

Dari www.sampara.com

sampara mengatakan...

Ayo berusaha dengan kemampuan sendiri jika tidak mampu barulah minta bantuan orang lain

Dari :www.sampara.com

Gardagami mengatakan...

See Please Here

Anonim mengatakan...

perlu memeriksa:)

Anonim mengatakan...

I am sorry, that has interfered... I understand this question. It is possible to discuss.