Senin, 26 November 2007

Jangan Takut Berbisnis Dengan Modal Pinjaman...Asal


Hutang tidak selamanya buruk, karena bagi sebagian pelaku usaha, hutang justru memicu motivasi kerja yang luar biasa. Sebab ada tuntutan untuk bekerja lebih keras sehingga bisa menghasilkan keuntungan untuk membayar hutang.

Kalau jumlah hutangnya sedikit/kecil atau bahkan nol, motivasi mereka jadi berkurang, loyo, karena tidak ada target. Sebagian pelaku usaha tersebut menganggap tidak ada sesuatu yang bisa dipakai sebagai pemicu semangat.

Saya sendiri punya pengalaman hutang untuk keperluan usaha, dan memang bisa menjadi pemicu semangat saya saat itu. Namun perlu diingat bahwa kita harus tetap bersikap proporsional terhadap hutang. Kalau memang yakin dengan rencana bisnis, dan modal kita terbatas maka kalau perlu berhutanglah sesuai kebutuhan dan carilah yang berbunga kecil.

Tapi kita juga jangan terlalu gegabah dengan hutang, karena sebagian besar kasus kebangkrutan bisnis juga terjadi akibat kesalahan dalam mengelola uang pinjaman. Jadi tetap berhati-hatilah!!!. Pesan saya gunakan pendapat pihak ketiga untuk menilai apakah rencana bisnis Anda layak didanai dengan modal pinjaman atau tidak. Apabila usaha Anda dinilai kurang layak didanai dengan modal pinjaman maka jangan paksakan.

Ingat jangan sampai Anda terjerumus hutang dikarenakan Anda belum menghitung profitabilitas rencana usaha Anda setelah dikurangi biaya bunga secara cermat. Sebab kalau hal tersebut terjadi maka kerja keras Anda hanya digunakan untuk bayar cicilan sedangkan keuntungan yang Anda ciptakan dari usaha Anda akan digerogoti oleh cost of fund.

Salam Sukses
Cak Eko




Tidak ada komentar: